Minggu, 07 September 2008

HARTA KARUN

Bagaimana kita menggambarkan seseorang yang amat kaya dizaman ini? Dengan jumlah mata dagangan yang dia kuasai monopolinya? Dia pegang kunci pasarnya. Cabe? Cengkeh? Mobil? Kertas?  Kayu? Operating system? Mass Media?

Bagaimana Allah menggambarkan seseorang yang amat kaya dizaman Nabi Musa a.s. yang bernama Karun (Korah)?". Kami telah anugerahkan kepadanya perbendaharaan harta sehingga kunci-kuncinya saja berat dipikul sekumpulan orang yang kuat" kata Allah SWT dalam Surat 28 Al Qasas ayat 76.

Sayang sekali, meski telah diperingati oleh kaumnya, dia menyombongkan diri dengan berkata: " Ini semua diberikan kepadaku ,karena pengetahuan yang ada padaku"(Q.28:78).
Sebagian kaumnya silau dengan kekayaanya dengan mengatakan "Wahai ! Sekiranya lah kita mendapat apa yang didapat oleh Karun! Ia sunggguh beruntung sekali!"(Q.28:79).
Namun sebagian kaum yang lebih bijak berkata : " Celakalah kamu! Balasan Allah lebih baik bagi orang yang beriman dan beramal saleh . Tapi itu hanyalah tercapai oleh orang yang sabar"(Q.28:80).
Kemudian Allah membenamkan Karun kedalam tanah dengan tempat kediamannya sekali . Dan tiada seorangpun dari pengikutnya yang dapat menolongnya. Dan tiada ia dapat membela diri(Q.28:81).Semoga kita selalu ingat bahwa apapun yang kita banggakan, hanyalah se izin Allah semata.
25Juli 2003

Tidak ada komentar: